Rabu, 07 November 2012

WIKIPEDIA



WIKIPEDIA

Wikipedia merupakan suatu aplikasi di internet yang digunakan untuk mesin pencari informasi dari berbagai tempat di seluruh penjuru dunia dan sering disebut sebagai buku pelajaran online dengan berbagai bidang studi yang terdapat didalamnya. Pada wikipedia terdapat dua macam metode pencarian yakni cari judul dan cari isi. Jika anda mengklik untuk cari judul, maka wikipedia akan terfokus pada pencarian judul suatu artikel yang kita inginkan, dan apabila anda mengklik untuk cari isi, maka wikipedia akan berfokus pada pencarian isi dari suatu artikel yang kita inginkan.
Asal berdirinya Wikipedia merupakan sebuah hubungan kerjasama persahabatan untuk mewujudkan visi yang sama yaitu menjadikan media ensiklopedia online. Wikipedia merupakan ensiklopedia online yang dimulai pada tahun 2001 dan versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003. Artikel-artikel  dalam Wikipedia bersifat gratis dan bisa dibilang open source karena setiap pembaca bisa melakukan editing.
“Bayangkan sebuah dunia di mana setiap orang memiliki akses tanpa batas ke seluruh kumpulan pengetahuan dari seluruh umat manusia. Itulah yang sedang kami kerjakan.” Kalimat itulah yang di ucapkan seorang Jimmy kepada dunia. Dengan langkahnya yang pasti, sejak tahun 2004, Wikipedia mulai gencar-gencarnya peluncuran. Dasar berdirinya Wikipedia yaitu  Jimmy, bersama Larry Sa¬nger, hendak membuat sebuah ensiklopedia online yang bisa diakses oleh siapa pun secara bebas dan gratis. Proyek awal mereka bernama Nupedia, berasal dari kata “new” (baru) dan “ensiklopedia”. Namun, proyek itu ternyata terlalu lambat, dalam waktu 18 bulan mereka baru berhasil menyusun 18 artikel.
Dengan kecerdasan mereka, akhirnya melakukan perubahan yaitu Jimmy kemudian membuat sebuah website pendamping dengan memanfaatkan piranti lunak bernama Wiki (dari bahasa Hawaii berarti cepat). Akhirnya, diubahlah nama Nupedia menjadi Wikipedia.
Menurut Chris Anderson dalam profil Wales di majalah Time, penggunaan piranti lunak Wiki itu telah membuktikan bahwa dengan Wiki tersebut merupakan peluang besar dalam hal pembuatan artikel yang lebih cepat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya tadi, bahwa Wikipedia merupakan Ensiklopedia gratis, dan bersifat opens source, maka dengan waktu yang cukup singkat, Wikipedia telah berkembang sangat pesat dengan mampu mengahasilkan artikel yang sangat banyak dalam waktu pendek.
Ada beberapa media yang menyebutkan, tiga kata yang mampu mengubah Wikipedia bisa menjadi besar seperti sekareang ini adalah “Edit this page” (sunting halaman ini). Sebuah cara yang simple dimana setiap orang bisa melakukan editing, penambahan dan mengurangi artikel. Inilah awal dari sebuah kolaborasi besar jutaan otak di seluruh dunia untuk menyusun rangkuman pengetahuan manusia ke dalam satu tempat. Wikipedia adalah bukti bahwa hal itu bisa dilakukan, dan Jimmy Wales adalah panglimanya. Pada 2006, kurang lebih dua tahun setelah Wikipedia diluncurkan, ada lebih dari sejuta artikel di sana.
Seperti yang telah diketahui bahwa sifatnya adalah terbuka, dimana setiap orang bisa melakukan pengurangan dan penambahan isi, maka data yang terdapat pada Wikipedia tidak bisa dibenarkan. Mungkin saja data tersebut dibuat oelh orang yang tidak bertanggungjawab atau bisa dibilang orang-orang yang iseng menulis hal – hal yang tidak penting dan kotor. Maka dengan kemungkinan yang akan terjadi tersebut pihak Wikipedia melakukan beberapa peraturan. Untuk setiap artikel yang telah dibuat, sebelum adanya konfirmasi dari pihak lain mengenai kebenaran artikel tersebut, pihak Wikipedia tidak akan memvalidasi artikel tersebut. Jadi artikel itu sifatnya pending. Jadi jangan khawatir akan ketidakkebenaran dari artikel yang terdapat dalam Wikipedia. Semua artikel dijamin kebenarannya.
Sejarah singkat mengenai Jimmy. Sebelum menjadi “Panglima Besar Wikipedia”, ia hanyalah seorang pebisnis biasa.  Pada 1994, Wales pernah bekerja di Chicago Options Associates, sebuah perusahaan yang berkonsentrasi pada perdaga¬ngan bursa berjangka dan saham. Dulunya ia kerap menghabiskan waktunya untuk bermain game online Multi-User Dungeons (MUD) dan RPG .  Dimana pemainnnya berpetualangan menjelajahi suatu area yang sama halnya dengan konsep Wikipedia itu sendiri yaitu sebagai media penjelajah dunia. Sebagai permulaan, Wales belajar mengenai dunia internet dan pada 1995, Wales memutuskan untuk menjadi pengusaha Internet dan kemudian mendirikan portal bernama Bomis. Portal tersebut memiliki fokus pada pengguna laki-laki dan selama beberapa waktu kerap dijuluki “Playboy Internet”. Itu karena beberapa konten yang dijual lewat Bomis, melalui keanggotaan premium adalah foto-foto erotis dari model-model wanita cantik. Dengan modal keuntungan dari itu mampu menyediakan dana dan sumber daya awal untuk mendirikan Nupedia. Nupedia lahir dari keinginan Wales menghadirkan ensiklopedia online yang bebas dan gratis. Pada tahun 1990-an Wales bertemu dengan Larry Sanger, kandidat doktor di bidang filosofi dan kerap berdebat seputar filsafat hingga akhirnya bersahabat. Sebagai sifat manusiawinya, Wales melakukan kecurangan yaitu mengakui bahwa Wikipedia merupakan hasil dari jirih payahnya sendiri. Padahal dibalik pembutannya telah melibatkan sahabatnya seorang filosof. Namun Wales mengatakan kepada dunia kalau Sanger hanya sekedar membantu. Suatu ketika Wales mendapat kabar berita yang tidak menyenangkan yaitu Wales dikabarkan telah bermain cinta dengan seorang wanita.  Berita itu sempat membuat gempar. Tapi hal itu dianggapnya wajar, karena pada saat itu Wales telah bercerai.
Akhirnya Wikipedia berdiri dengan kekuatan Wales sebagai panglimanya. Dengan berjuta-juta konten yang telah diterbitkan. Semakin hari, Wikipedia telah berkembang secara cepat menjadi sebuah perusahaan besar yang di dalamnya terdiri dari beberapa perusahaan. Wikipedia merupakan merek dagang dari Wikimedia Foundation, Inc. yang juga telah membuat keseluruhan keluarga Wikipedia, antara lain Wikiquote, Wiktionary, Wikisource, Wikibooks dan Wikinews. Wikipedia dimulai pada 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales, Larry Sanger, dan beberapa kolaborator yang begitu antusias.  Lebih dari 7jt artikel yang telah diterbitkan. Semua isi dalam Wikipedia, dilindung oleh lisensi ganda Creative Commons A-PS dan GFDL. Sedangkan kontribusi tetap hak dari pembuatnya, sementara izin CC dan GFDL memastikan isinya akan tetap dapat didistribusikan secara gratis.
Perusahaan Dibawah Wikipedia Inc :

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba, yang juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lainnya:
logo Wikimedia Commons
Commons

Gudang media bersama
logo Wikinews
Wikinews

Sumber berita bebas
logo Wiktionary
Wiktionary

Kamus dan tesaurus
logo Wikibooks
Wikibooks

Buku teks dan manual
logo Wikiquote
Wikiquote

Koleksi kutipan
logo Wikisource
Wikisource

Naskah sumber bebas
logo Wikispecies
Wikispecies

Direktori spesies
logo Wikiversity
Wikiversity

Materi belajar bebas
logo Meta-Wiki
Meta-Wiki

Koordinasi proyek Wikimedia
logo MediaWiki
MediaWiki

Koordinasi MediaWiki
logo Bugzilla
Bugzilla

Penjejak bug MediaWiki
logo Incubator
Incubator

Calon versi bahasa baru
logo Wikimania
Wikimania

Konferensi Internasional
Test Wikipedia
Test Wikipedia

Uji coba perangkat lunak
Wikimedia Foundation
Wikimedia Foundation

Humas Wikimedia Foundation





(+) Kelebihan wikipedia:
1.Bagi pelajar lebih mengerti akan bahasa Indonesia yang digunakan id.wikipedia.org
2.Lebih cepat saat diakzez
3.Info/materi yang terdapat di dalamnya lengkap
4.Mejadi media yang sering di gunakan oleh pelajar untuk mendapatkan informasi
5.Tampilan tidak begitu memusingkan pengunjung
6.Mudah untuk mencari informasi lain ketika sudah berada di area Wikipedia
7.Informasi mencangkup keseluruhan
8.Banyak link yang langsung menuju pengertian istilah-istilah
9.Jika ada kesalahan cepat di pelbaiki
10.Mudah digunakan
(-) Kekurangan wikipedia:
1.Kadang-kadang informasinya tidak sesuai dengan apa yang di maksud
2.Kurangnya kesimpulan yang mendetail
3.Banyaknya pelajar yang sering mengakses search engine ini
4.Kepengarangan/sumber informasi kulang di kenal
5.Membuat ketagihan dan mengganggu kegiatan nyata



Nama : Jimmy Donal Wales alias Jimbo
Lahir: Agustus 1966 di Alabama
Karir: 
Pendiri Wikipedia; Presiden Wikia Inc. (sejak 2004); Chairman Wikimedia Foundation
sumber:http://www.setotm.co.cc/2010/11/sejarah-berdiri-wikipedia-nupedia.html

Darma,Jarot S.,Shenia Ananda.2009. Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta: mediakita.

http://www.google.co.id/imgres?q=logo+wikipedia&num=10&um=1&hl=id&client=firefox-a&rls=org.mozilla:en-US:official&biw=1229&bih=500&tbm=isch&tbnid=iHPlM5fmUJerMM:&imgrefurl=http://www.underconsideration.com/brandnew/archives/around_the_world_in_51_characters.php&docid=TkMAzpar858quM&imgurl=http://www.underconsideration.com/brandnew/archives/wikipedia_logo_detail.gif&w=518&h=529&ei=11WaUPfQEMjqrAe9gIG4BA&zoom=1&iact=hc&vpx=715&vpy=160&dur=1231&hovh=227&hovw=222&tx=115&ty=140&sig=111621866954232852825&sqi=2&page=1&tbnh=137&tbnw=133&start=0&ndsp=14&ved=1t:429,r:4,s:0,i:76


0 komentar:

Posting Komentar