Jumat, 01 Mei 2015

pemimpin yang patut diteladani

PEMIMPIN YANG PATUT DITELADANI:
Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang sosok pemimpin yang patut diteladani yakni bapak Ir.Soekarno.
Ir.Soekarno dilahirkan dengan seorang ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya yaitu Ida Ayu Nyoman Rai. Keduanya bertemu ketika Raden Soekemi yang merupakan seorang guru ditempatkan di sekolah dasar pribumi Singaraja,Bali. Nyoman Rai merupakan keturunan bangsawan dari Bali dan beragama Hindu, sedangkan Raden Soekemi sendiri beragama Islam.
Beliau adalah sosok presiden pertama dari Indonesia yang juga dikenal sebagai arsitektur yang lulus di Bandung. Beliau pun sempat membuat beberapa rancangan dari rumah maupun berbagai bangunan.
Pada awalnya beliau hidup saat masa penjajahan Belanda dan sempat merasakan pula penjajahan Jepang yang sangat kejam. Beliau adalah sosok yang sangat nasionalis karena beliau selalu membuat suatu pergerakan untuk mencoba melepaskan diri dari penjajahan yang dialami oleh negara Indonesia karena beliau melihat sendiri betapa menderita dan terpuruknya negara maupun warga negara Indonesia yang selama ini dijajah oleh Belanda maupun Jepang oleh karena itu beliau pun merasa harus berbuat sesuatu untuk membebaskan negara Indonesia dari keterpurukan tersebut. Beliau yang dibantu oleh orang –orang yang memiliki tujuan yang sama dengannya pun terkumpul untuk memulai pergerakan dan organisasi untuk memerdekakan negara Indonesia.
Hal pergerakan ini pun dirasakan oleh pemerintah penjajah sebagai ancaman yang berbahaya untuk kedudukan mereka di Indonesia. Pemerintah penjajah pun tak segan untuk menangkap dan memenjarakan Beliau beserta kawan seperjuangannya di tempat yang terpencil agar pergerakannya terhenti dan dapat diawasi dengan mudah oleh penjajah. Hal itu pun tak bertahan terlalu lama karena disaat dipenjarakan Ir.soekarno beserta kawan seperjuangannya semakin bersemangat untuk mencapai Indonesia yang merdeka dan waktunya pun tiba saat beliau didesak oleh para pemuda untuk segera mengumumkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Hal ini merupakan langkah awal dari negara Indonesia untuk selangkah menuju kemerdekaan Indonesia yang selama ini menjadi tujuan dan impian baik bagi Beliau dan warga negara Indonesia.
Kemerdekaan Indonesia semakin terwujud dengan diakuinya kedaulatan Indonesia oleh pemerintahan Belanda yang dihadiri oleh negara-negara lainnya yang berdecak kagum akan semangat yang diperlihatkan oleh Ir.soekarno untuk membuat Indonesia merdeka.Selain itu beliau pun turut menyumbangkan banyak gagasan-gagasan di dunia International terutama negara berkembang yang masih dijajah dan ingin merdeka seperi Indonesia.
Beliau pun memiliki banyak penghargaan yang didapatnya contohnya adalah gelar Doktor Honoris causa yang diterimanya dari universitas luar negeri dan tentu saja gelar kehormatan dari universitas didalam negeri.
Sosok beliau yang saya kagumi adalah semangat beliau yang tak pernah menyerah untuk mencapai kemerdekaan negara Indonesia serta rasa cinta tanah air Indonesia dan rasa kepedulian terhadap sesama yang sangat besar ditunjukkan oleh beliau. Beliau merupakan sosok pahlawan yang sangat saya kagumi selain karena cintanya pada tanah airnya, keinginan untuk belajar beliau juga merupakan salah satu yang saya kagumi karena beliau mampu mendapatkan berbagai penghargaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Saya berharap suatu hari nanti saya dapat membanggakan negara Indonesia seperti yang telah ditunjukkan oleh beliau semasa hidupnya dan juga saya berharap semoga generasi muda mau menumbuhkan rasa sayangnya pada negaranya serta menghormati para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk mencapai kemerdekaan saat ini karena negara yang hebat dan kuat adalah negara yang menghargai para pahlawannya.

0 komentar:

Posting Komentar