Minggu, 19 April 2015

Pengalaman pribadi



Pengalaman pribadi saya mengenai tanggung jawab:
Pada bulan januari lalu saat saya sedang ada liburan dari kuliahan, pada saat itu keluarga saya mengajak ibu saya untuk pergi berlibur mengunjungi kampung halaman di Kalimantan Barat selama satu minggu. Pada waktu itu ibu merasa ragu untuk pergi karena jika beliau pergi maka urusan rumah dan toko akan terbengkalai sebab pada saat itu semua pekerja yang biasanya membantu semua telah pulang kampung untuk bertemu keluarganya masing-masing, maka ibu meminta adik saya untuk membantu pekerjaan dirumah dan saya sendiri diminta untuk membantu di toko karena di toko para pekerjanya sedang pulang kampung. Ini merupakan suatu tanggung jawab bagi saya karena saya menyadari bahwa semua biaya yang saya dan keluarga dapatkan berasal dari penghasilan toko yang sudah dijalankan orangtua saya sekaligus saya ingin ibu dapat berlibur dengan tenang di sana bersama keluarga yang lainnya oleh karena itu saya pun memanfaatkan waktu libur yang saya miliki untuk membantu di toko. Pada awalnya saya merasa cukup kesulitan dalam melayani pembeli karena para pembeli yang datang selalu bertanya tentang harga dan saya yang kurang tahu tentang harga pun cukup mengalami banyak kesulitan sehingga saya harus bertanya juga kepada ayah tentang harga barang yang dijual ditoko, namun bukan hanya itu sebab ada juga pelanggan yang ingin mencoba barang yang hendak dibelinya sebelum membeli sedangkan pelanggan tersebut tidak merasa cocok dengan harga yang telah diberikan kepadanya sehingga membuat saya cukup banyak mengalami kesulitan pada hari pertama. Pada hari kedua saya mulai mengerti dengan cara memberikan harga kepada para pelanggan namun untuk urusan berbicara saya masih kurang karena saya masih malu untuk mencoba memanggil pelanggan yang kelihatan tertarik dengan barang yang saya jual di toko. Pada hari ketiga saya mulai memberanikan diri untuk memanggil pelanggan yang sedang melihat barang yang dipajang toko kami, lalu setelah saya memanggil pelanggan tersebut ternyata menanggapi panggilan saya dengan mulai bertanya tentang barang yang kami jual di toko kepada saya karena ini pertama kalinya saya mencoba hal ini membuat saya termotivasi untuk menawarkan dan menjelaskan barang yang dilihat oleh pelanggan tesebut. Hal yang paling membuat saya terkejut adalah saat pelanggan tersebut ingin membeli barang yang saya tawarkan dengan jumlah yang cukup banyak sehingga saya merasa sangat senang dengan permintaan pelanggan tersebut. Saya pun segera mengambil bon untuk menuliskan pesanan yang diinginkan oleh pelanggan saya tersebut dengan cepat dan setelah itu saya memberikan uang hasil penjualan saya kepada ayah saya yang tersenyum dan berkata”terima kasih”.Hal itu lah yang membuat saya cukup bangga karena telah berhasil menjual barang dengan jumlah yang cukup banyak. Pada hari keempat saya sangat bersemangat untuk kembali berjualan di toko namun tak seperti di hari ketiga kali ini pelanggan yang saya layani agak jutek sifatnya dan kurang bersahabat. Saat saya menawarkan barang yang menurut saya itu yang sedang dicari oleh pelanggan itu ternyata menurutnya bukan barang yang murah yang dia inginkan tapi dia mencari barang yang harganya mahal dan saat saya menawari barang yang mahal pelanggan itu pun beralasan bahwa barang yang saya bawa terlalu mahal terkadang didalam hati saya merasa kesal karena pelanggan seperti inilah yang mencari barang yang tidak ada di toko atau Cuma ingin bertanya tanya saja namun karena ini sudah menjadi tanggung jawab saya sebagai pedagang untuk melayani pelanggan maka saya melayaninya dengan penuh kesabaran. Pada akhirnya pelanggan tersebut hanya membeli 1 buah barang dari saya mungkin karena merasa tidak enak kepada saya yang telah melayaninya cukup lama. Pada hari kelima saya kembali bersemangat untuk memenuhi tanggung jawab saya di toko, kali ini saya mendapatkan segerombolan pelanggan yang masih cukup muda yang ingin membeli cinderamata yang unik untuk dibawa pulang ke kampung halamannya, saat itu saya dengan cepat menawarkan berbagai barang yang menurut saya bagus untuk dijadikan sebagai cinderamata lalu para pelanggan tersebut pun sangat senang dengan barang yang saya tawarkan kepada mereka dan mereka membeli cukup banyak cinderamata yang saya tawarkan. Saat itu saya merasa sangat senang karena saya merasa tidak sia-sia yang telah saya lakukan yakni selain mendapatkan suatu penghasilan bagi toko sekaligus saya mendapatkan suatu kepuasan dari para pelanggan yang membeli barang tersebut. Pada hari keenam dan pada hari ketujuh saya melakukan tanggung jawab saya seperti hari-hari sebelumnya. Saya lewati dengan baik dan saat ibu pulang kerumah, beliau pun berterima kasih kepada saya dan adik saya karena kami sudah memenuhi tanggung jawab yang diberikannya dengan baik. Sekian pengalaman saya dalam hal tanggung jawab^^.

Pengantar Komputasi Modern



Pada penulisan ini saya memilih menjelaskan tentang HOKBEN

Pada tampilan awal website Hokben diatas pengguna atau pelanggan diberikan kemudahan untuk memilih informasi yang diinginkan dengan cara memilih menu yang diinginkan,atau lokasi outlet,promo saat ini dan lainnya.



Pada tampilan awal pun pelanggan di berikan rekomendasi makanan yang sangat diminati saat ini berikut dengan nama palet serta gambar dari makanan tersebut.

 
Selain itu, pada website ini pun terdapat menu Pesan Online yang termasuk ke dalam kategori komputasi modern. Dengan layanan ini, para pelanggan dapat memesan menu makanan secara online tanpa harus datang ke restoran dan proses kerja dari layanan ini dijalankan oleh komputer.


Pada website ini pun tak lupa disematkan suatu menu untuk menemukan lokasi outlet yang dimiliki oleh hokben bagi para pelanggan yang ingin menikmati makanan secara langsung di outletnya yang terdekat dari lokasi pelanggan.



Pada website ini pun memberikan informasi tentang hokben dengan lengkap bahkan sampai sejarah dari hokben.


Pada website hokben ini pun diberitahukan tentang promosi yang ada saat ini sehingga pelanggan dapat mengetahui promo dari hokben dengan lengkap.


 


 Pada website ini pun disertakan lowongan pekerjaan bagi user atau pengguna yang ingin mencari pekerjaan di hokben.


Pada gambar diatas merupakan menu yang diinginkan oleh pelanggan dan berapa banyak jumlah pesanan yang diinginkan beserta dengan daftar total harga yang harus dibayar oleh pelanggan.

KESIMPULAN :
Pada website hokben Indonesia ini sudah menerapkan komputasi modern yakni melalui pemesanan secara online. Pelanggan dapat memesan makanan atau minuman secara online tanpa harus mendatangi outlet hokben. Kelebihan yang terdapat pada website ini adalah dapat diaksesnya layanan pemesanan ini secara online dengan syarat pelanggan terhubung dengan jaringan internet dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun serta tampilan website yang menarik dan mudah untuk digunakan oleh para pelanggan atau pengguna juga lengkapnya info yang ditampilkan merupakan hal yang dapat meningkatkan minat para pelanggan.
Kekurangan yang terdapat pada website ini adalah pada menu lokasi restoran tidak tersedia search engine, sehingga tidak dapat langsung menunjukkan lokasi yang kita inginkan.
















Minggu, 18 Januari 2015

jawaban kuis nomor 2


jawaban kuis nomor 1


Selasa, 25 November 2014

jawaban kuis pemodelan dan simulasi




Sabtu, 15 November 2014

Tugas NETWORK FORENSIK



PENCEGAHAN
1.      Upgrade Sistem Operasi
Meng-upgrade sistem operasi ke yang lebih baru, setidaknya tetap mengikuti program terakhir yang disediakan. Pengguna Microsoft Windows XP meng-upgrade ke Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2. Untuk pengguna Microsoft Windows 95/98/ME/NT, disarankan meng-upgrade ke yang lebih tinggi. Menutup celah keamanan pada sistem operasi dengan memasang security patch terkini.
2.      Gunakan Firewall
            Firewall membantu melindungi komputer dari hacker jahat, worm, dan beberapa spyware. Gunakan Windows Firewall (tersedia pada Windows XP SP2) atau produk-produk firewall lainnya baik yang harus beli maupun yang gratis. Beberapa program firewall komersial adalah ZoneAlarm, Agnitum Outpost Personal Firewall, Checkpoint Firewall, dll. Sedangkan yang gratis seperti Comodo Personal Firewall, Sunbelt Personal Firewall, Untuk pengguna internet broadband, pastikan router sudah memiliki firewall.
3.      Install Antivirus
            Antivirus melindungi kita dari akses virus pada komputer dan serangan-serangan jahat lain seperti trojan dan worm. Antivirus bisa mencari virus, trojan, dan worm yang berdiam di komputer dan melakukan pemindai terhadap email yang masuk maupun email yang keluar. Yang terpenting adalah:
  • Pastikan Antivirus anda selalu dikonfigurasi untuk meng-update pengetahuannya tentang virus-virus terbaru.
  • Pastikan juga program Antivirus anda adalah versi yang terakhir.
  • Jangan membuka attachment email dari orang yang tidak anda kenal.
  • Lakukan pemindai (scanning) terhadap removable device seperti hard disk external, USB disk, maupun CD/DVD yang terkadang mengaktifkan auto-run.
4.      Selalu Update
            Sama seperti sistem operasi, piranti lunak yang terus di-update akan terbebas dari masalah kelemahan keamanan. Selain itu, gunakan program-program terkini agar terus mengikuti perkembangan keamanan program.
5.      Mencegah Spyware
            Spyware adalah program kecil yang hinggap di komputer kita untuk merekam dan mengirimkan semua data-data dan kegiatan yang terjadi di komputer, tentunya hanya kegiatan yang diinginkan si pembuatlah yang direkam, seperti aktivitas keyboard oleh keylogger. Mencegah spyware dapat dilakukan dengan:
  • Waspada terhadap file yang anda buka atau download lewat internet atau email.
  • Jangan menginstall program yang tidak jelas pembuatnya.
  • Jangan sembarangan berselancar ke situs yang memiliki tingkat risiko tinggi. Sebagai contoh: Banyak situs porno yang mengandung spyware.
  • Menghilangkan spyware bisa menggunakan program AntiSpyware seprti Windows Defender, Ad-Aware, Spybot Search & Destroy, dll lalu lakukan pemindai di seluruh komputer. Yakinkan program selalu melakukan update otomatis dan memindai komputer setiap hari sebelum anda memulai kerja.
  • Amankan Koneksi Nirkabel (Wireless).
  • Apabila anda memiliki jaringan nirkabel, selalu ikuti dokumentasi instalasi dan Gunakan MAC filtering untuk membatasi penggunaan pada komputer yang dipercaya saja.
  • Gunakan enkripsi WPA atau WPA2 yang lebih aman untuk mengurangi risiko penyadapan.
6.      Membatasi Resiko Email Spam
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terhadap spam:
  • Jangan meng-klik apapun terhadap email yang telah diidentifikasi sebagai spam.
  • Pisahkan antara email pribadi / kantor dengan email yang digunakan khusus untuk melakukan registrasi online.
Gunakan email client yang sudah terintegrasi dengan spam filter atau pasang program spam filter.
7.      Backup
            Selalu backup file-file penting dan simpan di tempat lain yang aman, pastikan file-file terbackup dengan baik dan tidak mengandung malware.
8.      Keamanan Fisik
            Buat tanda “keamanan” pada komputer anda dan benda lain yang anda anggap penting, agar selalu ingat bahwa barang tersebut butuh keamanan dan pastikan tidak meninggalkan catatan-catatan kecil di sembarang tempat.Catat setiap nomor serial dan jangan sampai orang lain tahu.Pastikan pintu rumah, jendela, garasi terkunci dengan baik. Alat pendeteksi gerak dan alarm meningkatkan pengamanan rumah anda.Jangan biarkan komputer terlihat dari luar rumah, tentu akan mengundang pencuri.Pakai kunci pengaman tambahan untuk laptop, misal: fingerprint, usb dongle, dll.Gunakan tas yang memiliki pengaman tambahan untuk laptop. Hati-hati saat kendaraan anda mengalami gangguan dijalan, misal: ban bocor, yang seringkali dimanfaatkan oleh penjahat untuk mencuri laptop Anda.

Link materi sebelumnya:
Network Forensik
Proses Jaringan Forensik
Pengumpulan Data Volatile
Tools Network Forensik
Tools Berbasis Command Line
Study Kasus

Jumat, 17 Januari 2014

DESAIN PEMODELAN GRAFIK


UNIVERSITAS GUNADARMA



DESAIN PEMODELAN GRAFIK

NAMA : Deny Santoso

KELAS : 3IA07
FAKULTAS : Teknologi Industri
JURUSAN : Teknik Informatika






Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
·        Latar Belakang..........................................................................3
·        Tujuan........................................................................................3
·        Batasan Masalah.......................................................................3
·        Metode Penelitian.....................................................................3
·        Analisis Masalah.......................................................................3

BAB II PEMBAHASAN
·        Cara membuat..........................................................................4
·        Kesimpulan...............................................................................8
·        Daftar Pustaka..........................................................................9

BAB III PENUTUP
·        Pesan dan Harapan penulis....................................................9



BAB I PENDAHULUAN
·         Latar Belakang
Pada saat ini banyak animasi yang telah berkembang menjadi suatu hal yang baru dan tidak sedikit pula yang menyukainya dari anak-anak hingga orang dewasa, hal ini dapat kita lihat dari banyaknya film-film animasi yang terkenal seperti shrek,minion,doraemon,dan lainnya. Selain itu perkembangan animasi yang sangat pesat dapat kita lihat di salah satu negara asia yakni Jepang. Di Jepang film-film animasi sangatlah diminati oleh banyak warga negara di berbagai negara, selain film animasi yang dibuatnya sangat mirip dengan aslinya, cerita dari animasinya pun tak kalah menariknya dan cukup menambah pengetahuan serta mengajarkan tentang pelajaran hidup yang dapat kita petik dari fil-film tersebut. Oleh karena itu, saat ini banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan untuk membuat objek 3 dimensi untuk orang-orang yang berminat dalam mempelajari pembuatan objek 3 dimensi yang mirip dengan aslinya.Salah satunya yakni Blender, Blender adalah program visualisasi 3D yang mempunyai fitur cukup lengkap. Program ini sangat cocok untuk pembuat film, game, arsitektur, ilustrator, dan masih banyak lagi karena blender mempunyai fitur yang sangat lengkap. mulai dari modeling, rendering, dll.
·         Tujuan
Penulis bertujuan untuk membantu pembaca mengenal aplikasi pembuatan animasi 3 dimensi yang cukup populer saat ini sehingga pembaca mampu menambah pengetahuannya melalui pembahasan ini.
·         Batasan Masalah
Pada aplikasi blender yang digunakan ini, penulis membataskan permasalahan dalam       masalah Pembuatan efek dan pengenalan gerakan pada objek 3 dimensi yang akan dibuat dalam aplikasi ini. Pembuatan objek 3 dimensi dan efek-efeknya hanya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi blender yang dipakai oleh penulis.
·         Metode Penelitian
Tahapan pertama pada penulisan ini adalah dengan melakukan studi
pustaka seperti mencari sumber dari buku ataupun internet. Selanjutnya
mempersiapkan kebutuhan untuk pembuatan objek 3 dimensi. Tahapan selanjutnya adalah merencanakan efek yang akan dibuat pada pembuatan objek 3 dimensi ini.
Setelah perencanaan, tahap selanjutnya adalah melakukan penulisan alur pembuatan objek 3 dimensi ini.
Tahap terakir adalah dengan menguji hasil pembuatan objek 3 dimensi dan efeknya yang telah dibuat.
·         Analisis Masalah
Disini penulis akan membuat suatu taman yang terdapat lampu taman, pohon dengan air mancur dibawahnya, pendopo(tempat istirahat), serta bola yang akan diberi efek terjatuh dari pendopo dan memantul.




BAB II PEMBAHASAN
·         Cara Membuat
1.       Tampilan File Blender :

1.       Logika dari gambar

a.       Buatlah tumpukan Cylinder seperti berikut,dengan menambahkan sebuah pohon yang diletakkan diatas air mancur kecil.
   


a.       Tekan Z untuk merubah tampilan Cylinder kemudian berikan efek Fluid pada ketiga Cylinder dengan ketentuan seperti berikut :

-          Cylinder pertama (yang paling atas) type fluidnya adalah inflow



-          Lalu cylinder kedua dan ketiga type fluidnya adalah obstacle,jangan lupa untuk merubah material pada kedua objek berikut.

a.       Kemudian buatlah sebuah Icosphere raksasa dimana didalamnya terdapat ketiga Cylinder yang telah kita buat sebelumnya. Lalu ditambahkan satu lagi Cylinder dibawah yang memiliki warna yang sama dengan air,
   

a.       Kemudian berikan efek fluid Domain pada Cylinder ini,kemudian pilih Bake untuk menghasilkan animasi air yang mengalir pada project yang sedang kita buat.
   
Pertama, saya membuat bola yang terdapat pada menu add pilih metaball lalu klik ball.


Setelah itu klik kiri untuk select ball yang telah kita buat, lalu tekan tombol i pada keyboard dan pilih location(untuk lokasi pertama dari bola). Setelah itu pada timeline yang terdapat dibawah yakni:
 
a.       Disini saya menggeser timeline pertama pada 63 lalu klik kiri pada bola dan geser letak bola sesuai dengan yang kita inginkan setelah itu klik i dan pilih location lagi,lakukan hal yang sama sampai dengan timeline 141 yang saya inginkan dengan posisi bola yang berbeda pada setiap timeline tentunya.

Setelah selesai menentukan timeline dan location dari bola selanjutnya kita tinggal play(letaknya dibawah time line):, dan jangan lupa untuk menentukan start dan end dari time line sesuai dengan yang kita inginkan,disini saya start dari 0 dan end nya 141.

·         Kesimpulan
Ini lah output hasilnya(dapat terlihat efek dari air mancur dan bola terjatuh):


·         Daftar Pustaka

BAB III PENUTUP
·         Pesan dan Harapan Penulis
Pesan: semoga melalui pembelajaran dan informasi yang telah penulis jelaskan diatas mampu menambah pengetahuan para pembaca dalam hal pembuatan 3 dimensi dan berbagai efek yang mampu diciptakan pada objek tersebut sesuai dengan benda aslinya.
Harapan: Penulis berharap para pembaca dapat bertambah pengetahuannya melalui penulisan ini dan semakin banyak dari pembaca yang mampu mengembangkan pembuatan animasi di Indonesia sehingga tidak kalah dengan negara lainnya.